Besaran dan Turunan

Blogger Download | 9/26/2010 | 0 comments
Dalam fisika, segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka dinyatakan dengan besaran. Sesuatu yang dapat digunakan sebagai pembanding sebagai satuan. Bersaran dan Satuan memiliki keterkaitan dalam pengukuran. setiap melakukan pengukuran, kita menggunakan besaran serta satuan sebagai pembandingnya. Sebagai contoh pernyataan "kita melakukan pengukuran massa 1 kg gula pasir dengan neraca". pada pernyataan tersebut massa merupakan besaran dan satuan besaran adalah kg.
Besaran-besaran dalam fisika jumlahnya sangat banyak. Besaran dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Perbedaan kedua besaran ini dapat anda lihat pada penjelasan berikut ini:
1.      1. Besaran Pokok
Besaran Pokok didefinisikan sebagai besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu. Besaran pokok digunakan untuk menetapkan satuan-satuan besaran yang lain. Di Indonesia biasanya orang mengukur panjang dengan satuan meter, tetapi untuk negara-negara yang lain terkadang menggunakan satuan mil, kaki, bahkan jengkal. untuk melakukan penyeragaman satuan, maka dibuatlah standar satuan. Syarat satuan standar yaitu bersifat Internasional, bersifat tetap, dan mudah ditiru.
Besaran-besaran yang sudah diresmikan menjadi besaran standar dinamakan dengan Sistem Internasional (SI). Dalam sistem SI terdapat tujuh besaran pokok, yaitu sebagai berikut.
Untuk mempermudah penulisan besaran-besaran fisika dalam SI jika terdapat kelipatan factor 10 n, dapat digunakan satu awalan pada satuan, sehingga diperoleh satuan yang lebih kecil atau lebih besar. Berikut ini nama awalan-awalan dari satuan SI.

2.      2.  Besaran Turunan
Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari satuan besaran pokok. Adapaun contoh besaran turunan seperti berikut ini.

You currently reading text about Besaran dan Turunan and if you want you can share Besaran dan Turunan this with share button below.If you intend to Copy-Paste this article Besaran dan Turunan to be posted on your blog, please to put a link Besaran dan Turunan as the source by copying the code below.

Get this widget

Description : Besaran dan Turunan
Rating : 4.5
Reviewer : Blogger Download
Item Reviewed : Besaran dan Turunan
Share this article :

Post a Comment

Please leave your comment here. Please Dont SPAM. Tanks

 
Edited By : Panji Kusuma
Copyright © 2011. Blogger Download - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger